Tanda Keguguran dan Penyebabnya

Diposting pada

Untuk anda para calon ibu, anda harus mengetahui Tanda keguguran dan penyebabnya sugaya anda lebih berhati hati , untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan saya di bawah ini.

screenshot_51

Flek atau pendarahan

Tanda keguguran yang paling sering muncul adalah pendarahan dari jalan lahir mulai dari yang ringan (nge flek) hingga yang berat (pendarahan banyak) dan biasanya berlangsung secara progresif yakni makin lama makin deres. Namun harus diperhatikan, keluarnya bercak darah bukanlah tanda pasti keguguran. Karena banyak juga ibu hamil yang mengalami hal ini di awal kehamilannya (12 minggu pertama) dan itu ternyata normal.

Kram dan nyeri pada perut bagian bawah

Kram atau rasa sakit pada perut bagian bawah (daerah rahim) bisa jadi merupakan pertanda awal keguguran. Oleh karena itu periksalah ke dokter, terutama jika rasanya lebih sakit dari menstruasi dan disertai dengan pendarahan seperti di atas.  Cara Memberesihkan Rahim

Keluarnya cairan

berupa gumpalan darah atau cairan yang tidak biasa. Jangan mengira cairan itu adalah urin. Cairan yang merupakan tanda keguguran kadang berbau dan menyebabkan iritasi/rasa gatal. Keluarnya cairan ini biasanya dibarengi dengan pendarahan dan/atau cairan seperti telah disebutkan di atas. Oleh karena itu jika ada sesuatu yang keluar dari jalan lahir dan terlihat seperti jaringan janin, berwarna keabuan atau mengandung gumpalan darah, maka jangan dibuang begitu saja, tapi simpanlah dalam wadah untuk diperlihatkan kepada dokter Anda nantinya. Hilangnya gejala kehamilan Tanda keguguran lainnya yang mungkin kurang diperhatikan yaitu hilangnya gejala kehamilan yang sebelumnya dirasakan, seperti rasa sakit dan nyeri payudara. Hal ini terkait karena tingkat hormon yang menjadi turun atau rendah. Oleh karena itu Jika ibu mengalaminya apalagi bersamaan dengan gejala keguguran lainnya seperti telah disebutkan di atas, maka bisa jadi itu merupakan pertanda keguguran.

Faktor penyebab keguguran antara lain :

Penyebab keguguran karena adanya kelainan pada sisterm hormonal calon ibu (bisa hormon prolaktin yang terlalu tinggi atau progesteron yang terlalu rendah), sistem kekebalan tubuh, infeksi menahun, dan penyakit berat yang diderita si ibu hamil.

Penyebab keguguran karena kelainan pada janin akibat kelainan kromosom.

Tanda Kegugran dan Penyebabnya Hal tersebut terjadi pada saat pembuahan, akibatnya adalah embrio yang terbentuk cacat dan dikeluarkan tubuh. Penyebab keguguran karena kelainan pada rahim. Kelainan yang paling sering terjadi adalah adanya miom (tumor jaringan otot) yang dapat mengganggu pertumbuhan embrio. Selain tumor, kelainan lainnya adalah terlalu lemahnya rahim sehingga tidak mampu menahan berat janin yang sedang berkembang. Kehamilan dalam rahim yang terlalu lemah biasanya hanya mampu bertahan hingga akhir 3bulan pertama. Penyebab keguguran karena infeksi, seperti terkena virus TORCH, HIV, Hepatitis dll.

Penyebab keguguran karena gaya hidup.

Konsumsi rokok dan alkohol salah satu penyebab keguguran. Selain itu obesitas (berat badan berlebih) dapat menyebabkan gangguan hormone yang berakibat gangguan kehamilan. Oleh karena itu apabila anda mencanangkan program memiliki momongan, ada baiknya jika anda juga melakukan diet.

Penyebab keguguran karena penyakit

Misal penyakit ginjal, jantung dan diabetes dapat menjadi pemicu keguguran.

Penyebab keguguran karena usia ibu mengandung

Keguguran lebih rentan terjadi pada wanita berusia diatas 35 tahun.

Tanda Keguguran dan Penyebabnya 

Incoming search terms:

  • apakah penebalan dinding rahim ciri keguguran (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *